CARA MUDAH
MENGANALISA KERUSAKAN TRAFO
FLAYBACK TV
Artikel sederhana ini saya tulis
untuk rekan2 pemula di bidang
elektronik khususnya perbaikan
pesawat TV BERWARNA.Bagi
rekan2 yang sudah senior tentu
sudah bukan hal yg sulit untuk
menentukan apakah trafo fly back
masih layak atau tidak untuk di
pakai.saya tidak menganjurkan
kepada rekan2 untuk
mengunakan tester flyback
karena hal itu dapat
membingungkan rekan2.hal ini
saya ungkapkan sebab ini adalah
pengalaman pribadi ,pada tahun
1997 saat itu saya baru lulus STM
elektro saya dapat order untuk
mengerjakan pesawat TV punya
teman satu kelas sama2
STM ,hitung 2 cari
pengalaman.merek tv tersebut
DIGITEC NINJA 14",dengan
kerusakan mati total.berbekal
teori dan praktek seadanya kami
mencoba menganalisa kerusakan
tv tersebut.pertama2 kami cek
rangkaian power supply ternyata
tidak ada kerusakan lalu saya
ukur capasitor B+ output power
supply ternyata korslet (0 ohm)ke
ground.setelah saya telusuri
ternyata pin B+ flyback yang
korslet ke pin ground,saya
katakan kepada teman saya ini
flybacknya yg rusak,terus dia
katakan apa kamu sudah yakin
soalnya harga flyback saat itu
dikota makassar termasuk
mahal.setelah berunding akhirnya
kami putuskan untuk melakukan
test flyback karena ada beberapa
toko suku cadang yang menerima
jasa test flyback dgn bayaran
rp5000.setelah dilakukan test
ternyata hasilnya bagus menurut
yg test saya sendiri lihat tegangan
tingginya ada. hal ini mebuat
bingung kok bisa flyback yg
sudah korslet bisa mengeluarkan
teg tinggi.saya berdebat hebat
saat itu dengan teman karena ia
lebih percaya hasil test alat itu lalu
kami putuskan untuk melakukan
hasil test kembali ditoko yg lain
hasilnya sama saja GOOD saya pun
jadi ragu ganti apa tidak
flybacknya.sebab teman sudah
yakin bahwa flybacknya masih
bagus.akhirnya saya putuskan
untuk mengganti flyback tersebut
dgn resiko bahwa apabila
ternyata flyback yg saya ganti
masih bagus maka saya harus
tuntaskan prbaikan tv tersebut
tanpa dibayar.ternyata setelah
penggantian trafo flyback TV
langsung OKE.kenapa hal ini
terjadi ternyata tester flyback
hanya berguna rusak tidaknya
dioda HV RECT didalam flayback
ditandai ada tidaknya tegangan
tinggi yg keluar di anoda.2.besar
kecilnya teg anoda pun tak dapat
diketahui apa sesuai dgn
spesifikasi pesawat TV tersebut
apa tidak seperti diketahui teg
anoda sekitar 20-25kv.rata rata
kerusakan fly back tv jaman
sekarang jarang sekali rusak di
bagian dioda HV RECT.tidak
pernah saya jumpai TV yg heater
crt nyala,teg 180v ada 24v oke dll
tapi tegangan tingginya 0v.hal itu
cuma terjadi pada tv tahun 70an
alias BW..kembali kepokok
persoalan gejala yg ditimbulkan
oleh kerusakan trafo flyback pada
umumnya menyebabkan tv mati
biasanya disertai suara derit atau
ciutan dari trafo SMPS power
supply.2korsletnya Transistor
HORIZONTAL output.teg output B
+power supply drop +_ 50%
diseratai panas yg tidak wajar TR
HORIZONTAL out.3.apabila
mendapati resistor ABL terbakar
maka hampir dapat dipastikan
flyback rusak.4.bocornya
tegangan tinggi di bodi flayback
ciri2nya keluarnya kilatan
tegangan tinggi yg menembak ke
ground dari bodi flyback.5.korslet
spul meyebabkan pin B+,C,180v
terhubung dgn pin
GROUND.6.tegangan supply G2
dan FOKUS tidak bisa diatur akibat
rusaknya VR pengatur screen dan
fokus di flayback. sebagai
penutup mungkin masih banyak
hal 2 yang terjadi akibat tidak
normalnya kinerja flayback tapi
beberapa poin yg saya tulis diatas
adalah hal yg paling sering terjadi
akibat kerusakan flyback, semoga
ada manfaatnya bagi rekan2
AMIN.
. nice info...
BalasHapusthank's dh berbagi...
lam kenal :
http://uhooi.blogspot.com/